Jasa Percetakan dan Desain Surabaya

5 TIPS MENGATASI KECANDUAN HP PADA ANAK

23:17 Posted by Lalu Lintas No comments
HP merupakan suatu bukti perkembangan zaman di era modern. Penggunaan HP sudah melingkupi lapisan masyarakat mulai dari orang tua, remaja hingga anak - anak hampir semua orang memiliki HP tidak jarang pula yang memiliki HP lebih dari satu.
Anak - anak yang sedang bermain HP

Saat ini banyak anak-anak bermain HP dampak buruk pada anak yang disebabkan oleh HP banyak sekali seperti anak bebas mengakses Youtube dan bebas menonton video didalamnya. Namun adapula dampak positif yang dapat diperoleh juga dari HP seperti Game Edukasi untuk anak dan channel Youtube untuk anak yang bisa digunakan untuk mengembangkan kecerdasan sianak.

Cara Mengatasi Kecanduan Anak pada HP

Untuk Ibu - ibu yang bingung anak yang sering bermain HP sehingga khawatir dampak terkena radiasi sinar biru dari HP maka 5 Tips ini akan dibahas ya..

1. Perbanyak Kegiatan Anak
Anak - anak yang sedang bersepak bola

Sebetulnya anak yang terlalu sering bermain HP terbuai oleh Game - game online atau Game Offline yang bisa didownload dengan mudahnya lewat internet.
Nah, pembatasan anak dalam bermain Game pada HP haruslah dibatasi atau perlu jadwal agar anak dapat mengurangi bermain HP. Orang Tua bisa mengajak anak untuk bermain di taman, berjalan - jalan atau melakukan kegiatan untuk mendukung bakat dan minatnya.

2. Berikan Fasilitas Alat Bermain Di Rumah
Anak yang sedang bermain Lego

Untuk mendukung kegiatan anak alangkah baiknya beri fasilitas alat bermain untuk anak seperti boneka, alat-alat masak khusus anak putri dan untuk anak cowok bisa diberikan robot - robotan, bola dan lain sebagainya yang semuanya itu dapat membuat anak sibuk dan betah bermain secara fisik selain dapat mengembagkan otot si anak hal tersebut juga dapat menambah kecerdasan si anak.

3. Batasi Kuota Internet Pada HP
Anak yang sedang bermain Laptop

Pembatasan kuota internet menjadi alternatif pilihan agar sianak tidak bisa mendownload atau mengakses sesuatu di HP agar seperti nonton youtube, bermain game maupun mendownload aplikasi game offline. Agar nantinya si anak akan mengeluh dan bosan sehingga si anak akan beralih pada kegiatan yang lainnya.

4. Orang Tua Selalu Memberi Contoh
Interaksi Orangtua dan Anak

Anak akan mencontoh apa yang dikerjakan atau dilakukan oleh orang tuanya dirumah oleh karena itu para orang tua bertugas seharusnya tidak memberikan contoh kepada anaknya untuk tidak bermain HP. Memberikan edukasi ada yang lebih menarik selain HP yaitu membaca buku komik atau cerita dongeng yang dapat menambah wawasan si anak.

5. Orang Tua Harus Bersikap Tegas
Orang Tua yang Tegas terhadap anaknya

Anak akan menangis atau merengek jika HP yang dipakai untuk bermain diambil oleh orang tua disinilah peran orang tua harus tegas memberikan edukasi bahwa bermain HP dapat merusak mata. itulah 5 tips yang bisa sedikit membantu anda dalam  mengatasi anak yang kecanduan HP. Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Post a Comment